Thursday, October 25, 2012

Konsep Ekonomi Islam



Konsep Ekonomi Islam

        Nabi  Muhammad  Saw  dilahirkan  dari  Suku  Quraisy di mana aktifitas kaum tersebut adalah berdagang sebagaimana telah diabadikan  Allah  dalam  al-Qur’an Surat al-Quraisy ayat 1 – 4 :
ﻻﻴﻠﻒ ﻗﺮﻴﺶׂ  ﺇﻠﻓﻬﻢ ﺮﺣﻠﺔ ﺍﻠﺷﺘﺎﺀﻮﺍﻠﺼﻴﻒ ۠۠ ﻔﻠﻴﻌﺒﺪﻮﺍﺮﺐ ﻫﺫﺍ ﺍﻠﺒﻴﺖ ۠۠ ﺍﻠﺫﻱﺃﻄﻌﻤﻬﻢ ﻤﻦ ﺟﻮﻉﻮﺀﺍ ﻤﻨﻬﻢ
ﻤﻦﺧﻮﻒ
Artinya :“1.Karena kebiasaan  orang-orang  Quraisy, 2. (yaitu)  kebiasaan  mereka  bepergian pada musim dingin  dan musim panas. 3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan pemilik rumah  ini (Ka’bah). 4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.”
          Walaupun  orang Yahudi dan  Nasrani  amat  ingin  nabi terakhir lahir dari suku mereka yaitu ditandai dengan berpindahnya orang-orang Yahudi ke kota Yatsrib daerah Arab, karena sangat inginnya hal itu pada diri mereka. Dan juga orang nasrani ingin menghancurkan Ka’bah, namun Allah melindungi Ka’bah dan kaum Quraisy karena ternyata Allah berkehendak Nabi terakhir lahir dari keturunan Ismail as yaitu suku Quraisy.
          Mengapa Nabi dilahirkan di kota Mekkah? Tidak lain karena kota Mekkah termasuk jalur penting perdagangan dunia waktu itu.Sebagaimana  Surat Quraisy ayat:2 maka yang dimasudkan adalah ketika musim dingin mereka berdagang ke selatan yaitu Yaman dan ketika musim panas mereka pergi ke utara yaitu daerah Syam.
     Banyak bukti kuat bahwa pembukaan jalur perdagangan itu diawali oleh berkuasanya Nabi Sulaiman atas kerajaan ayahnya (Daud as). Dalam surat Ash-Shaad Allah mengisahkan do’a Nabi Sulaiman as.
ﻘﺎﻞﺮﺐﺍﻏﻔﺮﻠﻰ ﻣﻠﻛﺎﻻﻴﻧﺒﻐﻰﻻﺤﺪ ﻤﻦﺒﻌﺪﻯ ﺇﻧﻚ ﺃﻧﺖﺍﻠﻮﻫﺐ
          Artinya : Ia berkata :“Ya Tuhanku,ampunilah aku dan anugrahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi.” Dan kemudian Allah menjawab do’a Nabi Sulaiman as, sebagaimana diterangkan Allah dalam ayat selanjutnya,yakni 36 sampai 39.
          Bukti kebesaran  kekuasaan kerajaan Sulaiman as juga diterangkan dalam Surat al-Nahl Ayat 17,yang artinya: “Dan dihimpun untuk Sulaiman  tentaranya  dari jin,manusia dan burung,lalu mereka itu diatur dengan tertib(dalam barisan).
Dan juga surat al-Anbiya’ ayat :79
“Maka kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat)”
          Palestina kala itu  adalah  kota  metropolitan dunia,Qur’an Surat al-Saba’ ayat : 13, yang artinya: “Dan jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.
          Dan Nabi sulaiman membuka jalur darat, sehingga jalur perdagangan rempah dan sutra terbuka dari Adn hingga sampai negeri Cina. Seperti  di isyaratkan dalam Surat  al-Saba’ ayat: 12, yang artinya : “Dan Kami  (tundukkan)  angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanan di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan kami alirkan cairan tembaga baginya .Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya.Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.”
      Juga  Nabi  Sulaiman  membuka  jalur  laut  sehingga terbukalah jalur perdagangan dari Asia hingga Eropa. Sebagaimana diterangkan dalam Surat al-Anbiya’                                                                                                                                                                    ayat: 81 dan 82. Demikianlah  Allah  menerangkan  kebesaran Nabi Sulaiman as dengan kebesaran kerajaan dan bala tentaranya.

No comments: