Friday, April 1, 2011

UASBN YANG DIPERCEPAT PELAKSANAANNYA


    Beberapa tahun yang lalu adanya pelaksanaan UASBN bagi peserta didik yang duduk di bangku kelas 3 SMA/MA sederajat dan SMP/MTs sederajat serta yang duduk di bangku kelas 6 SD/MI sederajat mendapat protes dari berbagai pihak.dengan alasan yang plural namun logis.Akan tetapi justru pada tahun pengajaran 2010-2011 dipercepat pelaksanaannya.Seiring dengan itu,bertolak belakang dengan tahun yang lalu,kali ini sepi dari kritik, komentar,dan tanggapan masyarakat.Mak hal inilah yang membuat penulis terdorong untuk mengomentari.

    Lepas dari hasil UASBN itu sendiri, sekiranya sudahkah hal ini diperhitungkan matang-matang akan dampak yang ditimbulkan.Setiap pendidik dituntut profesionaldalam tugasnya, yaitu harus mempersiapkan perangkat pembelajaran,juga pihak sekolah harus menyusun kurikulum yang lengkap sesuai standar nasional pendidikan.Di lain pihak ada satuan pendidikan yang muatan pengajarannya lebih banyak dan komplek. Nah,dengan demikian apakah sudah sesuai bila pelaksanaan USBN itu dipercepat seperti tahun pengajaran ini.

     Selain daripada itu, ketika guru mengetahui bila UASBN dipercepat,,maka demi menjaga privacy sekolah dan dirinya akan secepat mungkin memperpadat jadwal pengajaran.Coba kita renungkan apa yang akan terjadi dengan peserta didik dan guru itu sendiri.Jelas terciptalah lagi melambungnya emosional alias stres pun tercipta.Waduh,keterlaluan sekali.

    Pihak satuan pendidikan yang lebih padat Bidang Pembelajarannya,seperti MA,MTs, MI, dan sekolah yang senada dengan itu akan merasa dianaktirikan,Mengapa?Jawabnya mudah mana mungkin kurikulum yang disusun untuk kelas yang di-UASBN-kan bisa memenuhi penyampaian pembelajarannya bila jadwal UASBN dimajukan seperti tahun ini. Oleh karena itu,penulis memohon tolong kepada pihak yangberkewajiban memberi kebijakan seputar pendidikan,berbuatlah lebih adil dan maslahah serta bermanfaat.



No comments: